8 Tujuan Pemangkasan Tanaman Kopi

Apakah tujuan dan manfaat dari pemangkasan tanaman kopi? Pemangkasan tanaman kopi dilakukan dengan memotong beberapa bagian tanaman yang diperlukan. Bagian-bagian tersebut meliputi batang, cabang, ranting, atau daun tergantung maksud dan tujuannya.

Terdapat dua macam pemangkasan yaitu pemangkasan produksi dan pemangkasan rejuvinasi. Pemangkasan produksi bertujuan untuk meningkatkan produktifitas tanaman. Sedangkan pemangkasan rejuvinasi bermaksud untuk meremajakan tanaman kopi.

tujuan-pemangkasan-tanaman-kopi.jpg

Sebelum mulai memangkas tanaman kopi, area di sekeliling tanaman perlu ditutupi jerami terlebih dahulu untuk mencegah tumbuhnya gulma. Kemudian cabang ke sepuluh dan seterusnya memakai gunting pemangkas. Untuk mengurangi risiko infeksi hama dan penyakit, pemangkasan sebaiknya dikerjakan setelah pukul 9 pagi.

Lantas apa sih tujuan dari pemangkasan tanaman kopi tersebut? Berikut ini ulasan manfaat-manfaatnya yang dapat dipetik!

  1. Membentuk tajuk pohon untuk memperbanyak jumlah cabang tanaman. Semakin banyak cabang yang dimiliki tanaman maka semakin banyak pula bunga dan buah yang mampu dihasilkan.
  2. Mengembalikan produktifitas tanaman dalam memproduksi buah-buah kopi. Di mana bagian-bagian tanaman yang sudah tidak produktif, tidak normal, dan tidak sehat akan disingkirkan.
  3. Meremajakan bagian tanaman yang sudah dipangkas. Tanaman yang sudah cukup tua biasanya lebih rentan terserang hama dan penyakit.
  4. Mengontrol ketinggian tanaman sehingga memudahkan dalam pemanenan buah kopi. Ketinggian tanaman kopi umumnya sekitar 1,5-2 meter.
  5. Mengoptimalkan penerimaan cahaya matahari. Dengan dipangkasnya bagian-bagian tanaman tertentu, kebun lebih renggang sehingga cahaya menjadi tidak terhalang.
  6. Memperlancar aliran udara dalam rangka penyerbukan bunga secara alami. Selain memperbaiki sirkulasi cahaya, pemangkasan juga berguna untuk memperbaiki sirkulasi udara di kebun kopi.
  7. Mengatur tata letak tanaman sesuai dengan perancangan awal. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah pemantauan dan perawatan kopi.
  8. Mencegah penyebaran hama dan penyakit. Kebun yang terlalu rimbun biasanya kerap dijadikan sebagai sarang hama dan penyakit yang berbahaya bagi tanaman kopi budidaya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 8 Tujuan Pemangkasan Tanaman Kopi