Ini Dia Manfaat Ampas Kopi untuk Wajah

Mau tahu apakah manfaat kopi untuk wajah manusia? Hampir semua orang dewasa saat ini hobi meminum kopi. Tidak peduli apakah disajikan dalam kondisi panas atau dingin, minuman kopi tetaplah memiliki cita rasa dan aroma yang sangat nikmat. Sayangnya ampas kopi yang tersisa dari proses penyeduhan kopi biasanya dibuang begitu saja. Padahal ampas tersebut mempunyai manfaat juga lho?

Ampas kopi biasanya dimanfaatkan sebagai pupuk alami untuk merawat tanaman-tanaman peliharaan. Kandungan bahan organik di dalam ampas tersebut dapat meningkatkan kesuburan tanah. Tetapi tahukah Anda, kalau ternyata ampas kopi juga mengandung manfaat yang luar biasa untuk wajah. Mulai dari mengecilkan pori-pori, mengatasi wajah berminyak, hingga melembutkan kulit. Jadi masih mau membuang ampas kopi Anda?

ampas-kopi-untuk-wajah.jpg

Berikut ini manfaat-manfaat yang terkandung di dalam ampas kopi, khususnya untuk perawatan wajah!

Manfaat I. Mengatasi Jerawat dan Menyamarkan Bekasnya

Wajah Anda suka jerawatan meskipun sudah menggunakan berbagai produk perawatan kecantikan? Kenapa tidak dibersihkan menggunakan masker kopi saja. Setiap orang tentunya tidak ingin terkena jerawat karena selain sakit, juga dapat mengganggu penampilan. Salah satu solusi praktis untuk mengobati jerawat tersebut adalah ampas kopi. Bahkan dengan rutin merawat wajah memakai ampas kopi, bekas-bekas jerawat pada wajah Anda lambat laun akan tersamarkan.

Manfaat II. Menghilangkan Komedo

Sama seperti jerawat, komedo pun dapat merusak penampilan Anda, terutama pada area wajah. Adanya komedo membuat seseorang tampak kelelahan karena adanya noda hitam yang menumpuk di atas hidung. Maka dari itu, wajib hukumnya bagi Anda untuk menghilangkan komedo sedini mungkin. Cukup mengoleskan ampas kopi di atas hidung dengan teratur, wajah Anda langsung terbebas dari komedo.

Manfaat III. Mengatasi Wajah Berminyak

Anda sering diejek seperti kilang minyak akibat adanya lapisan minyak yang terus menutupi wajah? Kini saatnya untuk membuktikan kepada mereka bahwa wajah Anda pun bisa terbebas dari minyak yang sangat mengganggu ini. Caranya ialah oleskan saja ampas kopi ke seluruh permukaan wajah. Tunggu selama 30-45 menit agar nutrisinya terserap ke dalam kulit. Setelah itu, bilas dan lihat hasilnya.

Manfaat IV. Mengecilkan Pori-pori Wajah

Seseorang biasanya akan merasa kurang percaya diri apabila wajahnya terlihat kasar. Penyebab utamanya yaitu besarnya ukuran pori-pori yang terdapat di area wajah tersebut. Jadi untuk memperbaikinya diperlukan ketelatenan agar ukuran pori-pori di wajah ini mengecil secara perlahan-lahan. Anda bisa mencoba melakukan perawatan wajah menggunakan ampas kopi setiap hari.

Manfaat V. Mencerahkan Warna Wajah

Seperti kita ketahui, kopi mengandung antioksidan yang tinggi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia. Antioksidan ini mampu melindungi lapisan kulit dari radikal-radikal bebas yang ada di udara. Saat Anda merawat wajah dengan ampas kopi, wajah Anda akan dilindungi oleh antioksidan yang mencegah debu dan kotoran menumpuk di wajah. Antioksidan juga mampu mengangkat lapisan-lapisan kulit mati sehingga sel kulit di wajah Anda bisa diperbaharui. Hasilnya apalagi kalau bukan warna wajah yang akan semakin segar.

Manfaat VI. Menghaluskan Permukaan Kulit

Bagi Anda yang bermasalah dengan permukaan wajah yang terasa kasar, cobalah rutin menutrisi wajah Anda memakai ampas kopi. Gunakanlah ampas kopi sebagai masker dengan cara mengoleskannya ke seluruh permukaan wajah. Lalu tekan-tekan lapisan ampas kopi tadi agar berfungsi sebagai scrub di wajah. Jika Anda rutin melakukan perawatan yang satu ini, niscaya wajah Anda akan mempunyai kulit yang halus dan lembut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ini Dia Manfaat Ampas Kopi untuk Wajah