Tujuh Perbedaan Latte dan Macchiato

Apakah perbedaan antara latte dan macchiato? Tahukah Anda, latte berbeda dengan macchiato. Perbedaan utamanya terletak pada perbandingan antara jumlah kopi espresso dan susu yang digunakan. Latte yang ditonjolkan ialah susu. Sedangkan macchiato lebih menonjolkan kopi espresso.

Pada dasarnya, pembuatan latte dilakukan dengan menuangkan susu panas ke dalam cangkir yang telah berisi espresso. Kemudian bahan-bahan ini dapat diaduk sebelum disajikan. Sementara pada macchiato justru sebaliknya, kopi espresso dituangkan ke dalam gelas yang berisi susu. Penyajiannya pun tidak boleh diaduk terlebih dahulu.

perbedaan-latte-dan-macchiato.jpg

Latte

Kata latte berasal dari bahasa italia yang berarti susu dan alami. Di sini, caffe latte dipakai untuk menyebutkan minuman kopi yang ditambah dengan susu. Bahkan beberapa kafe di Italia menyajikan kopi dan susu dalam dua wadah yang terpisah sehingga pengunjung dapat mencampurkannya sendiri. Namun menu latte yang banyak ditawarkan di kedai kopi sekarang merupakan latte yang dibuat dengan racikan ala Amerika.

Latte merupakan kopi espresso yang dicampur dengan susu yang mempunyai lapisan busa tipis di atasnya. Biasanya perbandingan antara jumlah kopi dan susu yang dimasukkan ke dalam cangkir ialah 1:3. Itulah kenapa rasa latte begitu lembut. Biasanya penyajian latte pun dihiasi dengan latte art.

Macchiato

Kata macchiato juga berasal dari bahasa italia yang artinya penanda atau ditandai. Jadi coffee macchiato dapat diterjemahkan sebagai kopi yang ditandai. Istilah ini muncul berkaitan dengan asal usul penemuan minuman kopi macchiato, di mana barista kesulitan dalam membedakan espresso dan kopi yang ditambahi sedikit susu. Sehingga dibuatlah suatu teknik yang dapat memberikan penanda khusus pada macchiato.

Macchiato adalah minuman kopi yang dibuat dengan menambahkan espresso ke dalam gelas yang telah berisi susu. Perbandingan jumlah kopi dan susu yang dipakai dalam macchiato yaitu 4:1. Sehingga macchiato mempunyai rasa kopi yang begitu kuat. Kini banyak kafe yang mengadopsi gaya pembuatan macchiato ala Amerika dengan menambahkan busa di lapisan paling atas.

Perbedaan

Di bawah ini perbedaan-perbedaan antara latte dan macchiato, antara lain :

  1. Latte dibuat dengan memasukkan susu di atas espresso. Sedangkan pembuatan macchiato dikerjakan dengan memasukan espresso di atas susu.
  2. Perbandingan jumlah kopi dan susu pada latte adalah 1:3, tetapi pada macchiato yaitu 4:1.
  3. Rasa latte begitu smooth dan macchiato terasa strong.
  4. Latte disajikan dalam cangkir, namun macchiato dimasukkan ke dalam gelas yang tinggi.
  5. Berbeda dengan macchiato, latte biasanya dihiasi dengan latte art.
  6. Bahan-bahan di dalam latte selalu diaduk, sebaliknya macchiato tidak boleh diaduk.
  7. Pada dasarnya, macchiato tidak menggunakan busa. Di sisi lain latte ditambah dengan busa untuk mengentalkan rasa.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tujuh Perbedaan Latte dan Macchiato