Cara Menyimpan Biji Kopi Mentah yang Benar

Bagaimana cara menyimpan biji kopi mentah yang benar? Dalam artikel-artikel sebelumnya, kami selalu menyarankan Anda untuk membeli biji kopi daripada bubuk kopi. Alasannya sederhana karena cita rasa dan aroma pada biji kopi mempunyai daya tahan yang lebih lama. Biji kopi yang sudah disangrai (roasted) mampu bertahan selama 3-4 minggu. Sedangkan biji kopi yang masih mentah bahkan sanggup bertahan hingga 2 tahun.

Namun tidak semata-mata semua biji kopi memiliki daya tahan yang sangat lama. Semuanya itu harus didukung oleh metode penyimpanannya. Biji kopi, baik yang mentah maupun sudah disangrai, harus disimpan dengan benar di tempat yang tepat. Bukan tidak mungkin biji kopi tersebut tak hanya kehilangan sensasi rasa dan aromanya, tetapi juga tak layak pakai karena telah ditumbuhi jamur. Kesalahan dalam penyimpanan biji kopi juga mengakibatkan warna bijinya memudar hingga biji kopi tersebut menjadi sarang kutu.

menyimpan-biji-kopi-mentah.jpg

Berikut ini kiat-kiat dalam menyimpan green coffee beans!

  1. Simpan di Wadah yang Benar

Biji kopi mentah paling baik disimpan di wadah tertutup yang mempunyai sedikit lubang. Wadah tersebut lantas diletakkan di salah satu sudut ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang lancar. Sebisa mungkin pastikan sinar matahari tidak mengenai wadah tersebut secara langsung. Hindari menyimpan green coffee beans di ruangan yang lembab.

  1. Masukkan di Karung Goni

Pada zaman dahulu, masyarakat biasa menyimpan biji kopi di dalam karung goni. Karung goni yang dipakai adalah karung yang masih baru, bukan karung bekas wadah beras, cengkeh, dan sebagainya. Rasa dan aroma biji kopi bisa terkontaminasi apabila Anda menggunakan karung goni yang bekas.

  1. Ruangan yang Bagus

Syarat yang paling utama ruangan yang baik digunakan untuk menyimpan biji kopi yaitu kondisinya tidak lembab. Ruangan yang terlampau kering juga kurang bagus untuk menjadi tempat menyimpan biji kopi. Anda bisa mengukur tingkat kelembaban ruangan menggunakan hygrometer dan pastikan angkanya berkisar antara 50-75 persen. Sedangkan suhu udara yang ideal sekitar 20-28 derajat celsius.

Tahukah Anda?

Biji kopi mentah biasanya berwarna kekuning-kuningan atau kehijau-hijauan. Penyebab dari timbulnya warna yang berbeda pada biji kopi tersebut ialah perbedaan dalam teknik membersihkan buah kopi. Buah kopi yang dibersihkan secara full-wash akan menghasilkan biji yang warnanya kekuning-kuningan. Sedangkan buah kopi yang dicuci dengan sistem semi-wash menyebabkan warna bijinya menjadi kehijau-hijauan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menyimpan Biji Kopi Mentah yang Benar