Tiga Tips Minum Kopi saat Puasa!

Minuman kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat perkotaan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya kafe yang menjamur dan selalu dipenuhi oleh pengunjung. Tidak hanya sekadar pelepas dahaga, tetapi minuman kopi juga dapat menimbulkan perasaan tersendiri saat menikmatinya. Tegukan demi tegukan kopi yang masuk ke tenggorokan seakan-akan mampu memberikan cerita yang berbeda-beda.

Sayangnya di balik sensasinya tersebut, minuman kopi menyimpan efek samping bagi kesehatan manusia. Seseorang yang terlalu banyak mengonsumsi kopi setiap hari akan menjadi kecanduan sehingga hidupnya seakan-akan tergantung pada kopi. Tingginya kadar kafein pada kopi juga dapat menyebabkan timbulnya penyakit serius. Selain itu, minuman kopi juga bersifat asam. Para penderita maag sebaiknya menghindari minuman ini agar kesehatan ginjalnya tidak terganggu.

Khusus buat Anda yang sedang berpuasa, minuman kopi juga harus dikonsumsi dengan aturan-aturan tertentu. Jika tidak, minuman ini bisa menimbulkan masalah serius pada kesehatan Anda sehingga ibadah puasa menjadi terganggu. Bagaimana caranya supaya tetap aman minum kopi saat berpuasa? Berikut ini kiat-kiat yang harus Anda perhatikan!

minum-kopi-saat-puasa.jpg

SAHUR

Di waktu sahur Anda boleh meminum kopi asalkan porsinya jangan berlebihan. Kopi akan meningkatkan stamina dan energi Anda untuk berpuasa. Kopi juga mampu menjaga tubuh Anda tetap fit dan terhindar dari rasa kantuk. Cukup minum secangkir kopi setiap kali sahur dan waktunya yang tepat ialah sesudah bersantap sahur. Kemudian Anda harus mengimbanginya dengan meminum air putih yang cukup banyak. Jangan pernah coba-coba minum kopi sesaat setelah bangun tidur karena perut Anda bakal bermasalah.

BERBUKA

Dilarang keras mengawali waktu berbuka puasa dengan minuman kopi. Selain karena masih banyak minuman lain yang bersifat sunah untuk dimakan saat berbuka, minuman kopi ini akan mengagetkan perut Anda. Bayangkan saja selama seharian isi perut Anda dibiarkan kosong, lalu tiba-tiba diisi dengan minuman yang sifatnya keras. Kemungkinan besar Anda akan mengalami sakit perut. Adapun waktu ideal untuk meminum kopi saat berbuka ialah setelah makan besar dan sebelum sholat terawih. Harapannya dengan meminum kopi, stamina Anda akan segera pulih sehingga lebih bersemangat dalam menunaikan ibadah sholat terawih. Sedangkan waktu yang paling dianjurkan ialah dua jam setelah berbuka atau kira-kira sesudah sholat terawih.

PRODUK

Kopi yang paling baik diminum di bulan Ramadhan ialah kopi segar. Biji kopinya belum terlalu lama disimpan. Hal ini dikarenakan seiring dengan waktu penyimpanan waktu kopi, kadar keasamannya akan semakin tinggi. Bila Anda meminumnya, kopi yang mengandung acid tinggi ini dapat mengganggu sistem pencernaan serta menyebabkan bau mulut. Selain itu, hindari mengonsumsi produk kopi instan atau kopi ready to drink. Kebanyakan dari produk semacam tidak murni berisi bubuk kopi melainkan ada campuran bahan-bahan lainnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tiga Tips Minum Kopi saat Puasa!